Mengapa Kerja Jarak Jauh Tidak Cocok Untuk Semua Orang?

Kerja jarak jauh atau work from home (WFH) adalah salah satu cara untuk bekerja di era pandemi Covid-19. Banyak perusahaan yang menerapkan sistem kerja ini untuk mengurangi risiko penularan virus dan menjaga kesehatan karyawan. Namun, apakah kerja jarak jauh dapat memberikan kepuasan dan kesejahteraan bagi semua orang?

Ternyata, kerja jarak jauh tidak cocok untuk semua orang, karena ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pengalaman dan kinerja kerja jarak jauh, untuk lebih jelas nya sebagai berikut:

  • Kepribadian. Beberapa orang memiliki kepribadian yang lebih cocok untuk bekerja jarak jauh, seperti yang mandiri, proaktif, dan disiplin. Mereka dapat mengatur waktu, tempat, dan tugas kerja mereka dengan baik, tanpa memerlukan pengawasan atau bantuan dari orang lain. Mereka juga dapat menyesuaikan diri dengan perubahan dan tantangan yang mungkin terjadi saat bekerja jarak jauh. Namun, ada juga orang yang memiliki kepribadian yang kurang cocok untuk bekerja jarak jauh, seperti yang ekstrovert, sosial, dan kolaboratif. Mereka membutuhkan interaksi dan komunikasi dengan orang lain, baik untuk mendapatkan dukungan, umpan balik, atau inspirasi. Mereka juga membutuhkan struktur dan rutinitas yang jelas dan teratur, untuk membantu mereka fokus dan produktif.
  • Lingkungan. Beberapa orang memiliki lingkungan yang mendukung untuk bekerja jarak jauh, seperti yang memiliki ruang kerja yang nyaman, tenang, dan sehat, baik di rumah, di taman, atau di kafe. Mereka juga memiliki fasilitas dan peralatan yang memadai, seperti internet berkecepatan tinggi, komputer, printer, atau telepon. Mereka juga memiliki keluarga, teman, atau tetangga yang menghormati dan menghargai waktu dan ruang kerja mereka. Namun, ada juga orang yang memiliki lingkungan yang kurang mendukung untuk bekerja jarak jauh, seperti yang memiliki ruang kerja yang sempit, bising, atau kotor, baik di rumah, di jalan, atau di tempat umum. Mereka juga memiliki fasilitas dan peralatan yang terbatas, seperti internet yang lambat, komputer yang rusak, atau telepon yang mati. Mereka juga memiliki keluarga, teman, atau tetangga yang mengganggu dan mengintervensi waktu dan ruang kerja mereka.
  • Kebutuhan. Beberapa orang memiliki kebutuhan yang dapat dipenuhi oleh bekerja jarak jauh, seperti yang memiliki tanggung jawab mengasuh anak, orang tua, atau hewan peliharaan. Mereka dapat mengatur waktu kerja mereka sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan mereka, serta menghemat biaya dan waktu perjalanan. Mereka juga dapat menikmati keseimbangan antara kehidupan pribadi dan profesional, serta meningkatkan kualitas hidup mereka. Namun, ada juga orang yang memiliki kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi oleh bekerja jarak jauh, seperti yang memiliki ambisi karier, pengembangan diri, atau pembelajaran. Mereka membutuhkan kesempatan untuk berinteraksi, berkolaborasi, dan berjejaring dengan orang-orang di luar lingkungan kerja mereka, serta mendapatkan bimbingan, umpan balik, atau dukungan dari atasan atau rekan kerja mereka. Mereka juga membutuhkan tantangan, variasi, dan pengalaman baru yang dapat meningkatkan kompetensi dan kredibilitas mereka .

Oleh karena itu, kerja jarak jauh tidak cocok untuk semua orang, karena setiap orang memiliki kepribadian, lingkungan, dan kebutuhan yang berbeda-beda. Hal ini dapat menyebabkan perbedaan persepsi, preferensi, dan kinerja kerja jarak jauh. Untuk itu, penting bagi perusahaan dan karyawan untuk mengevaluasi dan menyesuaikan sistem kerja jarak jauh yang sesuai dengan kondisi dan situasi mereka.