Beradaptasi di Kantor Baru Agar Nyaman dan Pekerjaan Lancar

Hari-hari pertama di kantor baru kadang membuatmu nervous dan nggak yakin diri. Rasanya seperti menjadi anak baru di sekolah. Semua orang sudah mempunyai rutinitasnya sendiri, teman-temannya sendiri, apalagi area menghabiskan kala istirahat makan siang mereka.
Nah, kamu?

Bisa dibilang, anda tetap meraba-raba budaya dan cara kerja di kantor barumu. Tapi anda nggak kudu menjadi bak anak ayam kehilangan induknya. Coba deh ingat, seluruh orang di kantor barumu juga dulu menjadi newbie, dan toh mereka sukses melakukannya. Pasti anda bisa kok melakukannya juga.

Sementara anda tetap belajar, ada baiknya juga terkecuali anda ikuti beberapa saran Hipwee di bawah ini. Semoga membantumu, ya!

1. Jika anda menjadi bekerja di hari Selasa, coba berkunjung ke kantor di hari Seninnya
Untuk memastikan anda berkunjung lebih awal, Hipwee sarankan untuk pergi ke kantor barumu satu hari sebelum akan mengawali kerja. Bangun pagi dan bersiap-siap seperti anda hendak pergi ke kantor dan pulang disaat dirasa jam kantor sudah usai. Sepanjang perjalanan, melaksanakan riset mengenai bagaimana kondisi lalu lintas dari rumah sampai kantor dan sebaliknya. Cari menyadari bagaimana kondisi jalanannya, apakah macet atau lengang, supaya anda bisa memperkirakan kala tempuh yang diperlukan dari rumahmu sampai kantor barumu yang dibuat Jasa Desain Interior Kantor .

Dengan cara ini, anda nggak akan berangkat ke kantor bersama dengan tergesa-gesa karena anda belum menyadari letak kantormu, atau apalagi terlilit di kemacetan karena belum menyadari kondisi lalulintas yang ditempuh.

Nah, di hari pertama bekerja, anda bisa berkunjung ke kantor lebih awal. Datang lebih awal dari kala yang diminta akan mengakibatkan kesan pertama anda di kantor nggak buruk. Kamu menjadi bisa ‘menginvestigasi’ lingkungan kira-kira kantor.

Jika anda berkunjung terlampau pagi, anda menjadi bisa sarapan di dekat kantor. Kamu pun menyadari interior kantor barumu, supaya nggak kudu ‘kesasar’ terkecuali sudi ke kamar mandi atau kafetaria.

2. Bawa camilan simple untuk dibagi
Tempat kerja bukanlah area yang pas untuk bermalu-malu dan tidak peroduktif. Tidak ada yang sukses mencapai kesuksesan bersama dengan menjadi seorang pemalu. Jika di hari pertama anda cuma duduk di bilikmu, berharap seseorang akan berkata padamu, maka anda akan muncul dari radar ‘pergaulan’ kantor. Bukan artinya anda kudu bolak-balik dari satu meja ke meja lainnya dan bertingkah seperti orang sok kenal, padahal baru kali itu kalian kenal.

Sebaiknya, disaat jam istirahat tiba, membaurlah bersama dengan beberapa orang dan mulailah bersama dengan obrolan enteng supaya anda juga lebih enteng untuk membangun pertalian antar rekan kerja. Percayalah, teman-teman kerjamu yang baru, terkecuali anda cuma berlalu tanpa beri salam mereka, mereka akan beranggapan bahwa anda sombong dan tidak idamkan berhimpun bersama dengan mereka. Membawa bekal dari rumah berbentuk kue atau camilan juga bisa membantumu untuk berteman bersama dengan orang-orang baru di kantor. Berbagi makanan sekaligus berteman merupakan dua poin tambahan, bukan?

3. Jangan mengeluh supaya tak menghidupkan first impression yang buruk
Hari pertama mempunyai peran perlu untuk membangun kesan pertama, juga kunci untuk menyatakan bahwa dirimu adalah seseorang yang akan menjadi bagian dalam tim. Ketika anda berlangsung masuk ke ruangan, seluruh orang menyadari bahwa anda adalah seorang newbie. Jika anda menyembunyikan wajahmu ke layar handphone, mereka akan berpikir bahwa anda tidak sopan. Sebaliknya, terkecuali anda adalah seorang ekstrovert, coba tahan diri untuk tetap berada pada jalan seorang newbie. Salah-salah, orang kantor justru akan berasumsi bercandaanmu berlebihan.

Serta bersama dengan menyatakan minat dan semangat kepada senior anda akan mencapai nilai and karena dianggap sesungguhnya berniat untuk memasuki dunia kerja. Dengan mendengarkan tiap tiap saran yang diberikan senior bersama dengan baik juga akan menyatakan bahwa anda adalah seorang yang pekerja keras dan sudi belajar mengenai tiap tiap perihal yang baru dan bersedia untuk menerima hal-hal yang pada mulanya tidak dulu anda lakukan.

4. Jaga meja kerjamu supaya tetap bersih
Kebersihan meja kerja juga menjadi segi utama supaya hari pertamamu di kantor berlangsung bersama dengan baik. Hanya karena anda mempunyai jam baru yang sibuk, bukan artinya anda tidak mencermati kebersihan meja kerja, kan? Meja kerja yang bersih akan membuatmu lebih nyaman mengerjakan pekerjaan, dan teman-teman sekitarmu juga tidak akan berpikir bahwa anda adalah orang yang jorok supaya mereka juga tidak segan untuk menghampiri dan melanjutkan perkenalan yang sudah anda bikin disaat jam istirahat tadi.

5. Observasi cara kerja teman-teman di kantor barumu
Hari pertamamu bukanlah kala yang pas untuk mengeluarkan pendapat. Justru dengarkan baik-baik apa yang senior dan kolegamu katakan mengenai seluk beluk pekerjaan barumu. Cari menyadari siapa saja yang bertanggung jawab, apa saja keputusan tidak tercantum yang ada serta goal utama perusahaan. Tanyakan rekan sebelahmu mengenai bagaimana departemen tempatmu bernaung beroperasi.

Perhatikan bagaimana caramu bersikap. Bahasa tubuhmu pilih sikap dan penilaian orang terhadapmu. Bersikap antusias juga akan menopang sepanjang itu tidak terlampau berlebihan.

6. Take it easy, jangan terlampau memaksa bikin bisa membaur cuma dalam kala sehari
Nggak ada yang bisa segera akrab di hari pertama kalian berjumpa. Semua perlu waktu. Tinggal pintar-pintarmu saja untuk sesuaikan dan menarik ulur ‘peredaranmu’.

Rasanya mirip aja kayak PDKT mirip gebetan baru. Tidak ada yang bisa untuk dipaksa bekerja sendirian, maka buatlah dirimu senyaman mungkin bersama dengan teman-teman barumu.