Aturan Pemilihan Warna Interior yang Perlu Diketahui

Warna interior kerap kali menjadi bagian paling sukar dari ruangan untuk dijalankan oleh para fans desain interior.

Hal selanjutnya dikarenakan oleh warna yang kerap berubah-ubah ikuti perkembangan yang ada. Terdapat begitu banyak warna yang mampu dipilih dan mereka wajib mampu di satukan dalam pembagian yang tepat. Jika tidak, mereka tidak dapat bekerja mirip secara serasi dan jauh dari kesan yang maksimal.

Untuk itu beberapa aturan penentuan warna interior mampu anda gunakan untuk menegaskan warna yang anda gunakan keluar sebanding tiap tiap saat.

Berikut ini jawara sudah mendaftarkan 4 aturan penentuan warna interior yang wajib anda kuasai dan juga ketahui dalam mendesain interior.

 

1.Aturan 60-30-10

Aturan 60-30-10 menjadi rekan paling baik bagi para fans desain jasa interior jakarta . Apapun estetika pribadimu atau layaknya apa ruangan yang anda inginkan mampu bersama mudah memilih palet warna yang senantiasa sebanding gunakan aturan ini. Dalam gunakan aturan ini anda wajib gunakan tiga warna pokok yang di mana 60-30-10 merujuk terhadap kadar desain yang dapat anda gunakan.

Cara kerjanya yaitu untuk pertama anda memerlukan satu warna untuk menjadi warna dominan yang menduduki kira-kira 60 persen ruangan. Biasanya warna ini dapat menjadi netral atau beberapa tipe rona tenang yang mampu menyita banyak area tanpa mulai penuh.

Selanjutnya dapat menjadi warna sekunder, yang kebanyakan mempunyai warna yang lebih berani dan memakan kira-kira 30 persen dari ruangan. Akhirnya untuk warna aksen merupakan warna yang paling berani dan menjadi 10 persen sisa dari ruangan.

 

2.Warna hangat vs warna dingin

Warna hangat vs warna dingin merujuk terhadap ke tempat warna spesifik yang jatuh terhadap roda warna. Merah, orange dan kuning di anggap sebagai warna hangat dikarenakan mempunyai warna yang keluar cerah dan mencolok. Sedangkan warna netral layaknya warna cokelat atau Cream termasuk ke dalam campuran pada hangat dan dingin. Untuk warna dingin yaitu layaknya biru, hijau, ungu dan juga abu-abu.

Pemilihan warna interior hangat atau dingin dapat merubah kekuatan terhadap tiap tiap ruangan. Karena warna-warna hangat cenderung membawa nuansa optimis dan ramah ke dalam sebuah ruangan.

Penggunaan warna hangat kebanyakan lebih sesuai untuk digunakan terhadap area makan atau dapur. Pemilihan warna dingin atau sejuk cenderung membawa suasana yang lebih tenang. Maka tak heran jika warna ini dapat bekerja bersama baik terhadap area kamar tidur dan area kantor. Dimana ruangan selanjutnya memerlukan kekuatan yang mampu menenangkan dan juga memberi kenyamanan yang ekstra.

 

3.Skema warna komplementer

Dari semua aturan warna yang digunakan desainer interior, skema warna pelengkap atau komplementer kerap dianggap sebagai yang paling simpel dan mudah. Hal selanjutnya dikarenakan skema warna ini hanya melibatkan dua warna saja yang duduk saling berhadapan di roda warna. Contoh gabungan warna komplementer layaknya biru dan orange, kuning dan ungu atau merah dan hijau.

 

4.Skema warna analog

Jika anda ada masalah dalam menavigasi roda warna, pemanfaatan skema warna analog mungkin sesuai untuk anda gunakan. Untuk gunakan warna analog yang wajib anda jalankan adalah memilih warna sentral, kemudian gunakan warna di kedua sisinya. Di sini, dua warna selanjutnya dapat menjadi warna primer dan yang ketiga dapat menjadi perpaduan keduanya.

Misalnya merah, orange dan kuning atau merah, ungu dan biru.Karena gunakan tiga warna pembagian yang dapat berfaedah untuk menegaskan ruangan mulai sebanding yaitu gunakan aturan 60-30-10 yang sudah di jelaskan di atas. Kamu mampu gunakan nuansa yang tidak sama bersama warna yang mirip bersama cara lain untuk memicu variasi visual.

Menariknya, jika anda bukan fans warna cerah, anda mampu jalankan skema warna analog yang gunakan warna netral. kebanyakan warna selanjutnya kerap disebut bersama skema warna monokromatik. Yang anda perlukan yaitu mencampurkan warna hitam, putih dan abu-abu untuk menciptkan penampilan yang modern dan ramping.

Itulah 4 aturan yang wajib diketahui dan juga di jalankan dalam proses penentuan warna interior supaya memberi hasil yang maksimal bersama style yang di angkat. Dengan gunakan aturan-aturan selanjutnya anda mampu bersama memilih warna interior gunakan warna favoritmu tanpa takut ketinggalan zaman.