4 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Masa Depan Pekerjaan

Pekerjaan adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Pekerjaan tidak hanya memberikan penghasilan, tetapi juga memberikan makna, identitas, dan kepuasan. Namun, pekerjaan juga menghadapi tantangan dan perubahan seiring dengan perkembangan zaman, terutama dengan kemajuan teknologi dan otomatisasi yang semakin pesat.

Bagaimana pekerjaan di masa depan akan terlihat? Apa saja keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang dibutuhkan untuk bersaing dan bertahan di bisnis meeting room jakarta yang semakin kompetitif dan dinamis? Apa saja yang perlu kita persiapkan dan lakukan untuk menghadapi masa depan pekerjaan yang penuh dengan ketidakpastian?

Berikut adalah empat hal yang perlu Anda ketahui tentang masa depan pekerjaan dan peran teknologi di dalamnya:

  1. Pekerjaan yang akan bertahan, berkembang, atau muncul
    Menurut laporan World Economic Forum (WEF), terdapat 85 juta jenis peran pekerjaan yang tergantikan dalam lima tahun ke depan akibat teknologi. Namun, di sisi lain, terdapat juga 97 juta jenis peran pekerjaan baru yang akan muncul sebagai dampak dari pergeseran divisi kerja antara manusia dan mesin.

    Pekerjaan yang akan bertahan, berkembang, atau muncul di masa depan adalah pekerjaan yang membutuhkan keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang sesuai dengan perkembangan teknologi. Pekerjaan yang berhubungan dengan data, analitik, kecerdasan buatan, robotik, teknologi informasi, dan komunikasi adalah beberapa contohnya.

    Selain itu, pekerjaan yang membutuhkan kreativitas, inovasi, keterampilan sosial, emosional, dan antarbudaya juga akan tetap dibutuhkan di masa depan, karena hal-hal ini sulit untuk digantikan oleh mesin. Pekerjaan yang berhubungan dengan seni, desain, pendidikan, kesehatan, dan pelayanan adalah beberapa contohnya.

  2. Pekerjaan yang akan berubah, beradaptasi, atau bertransformasi
    Teknologi tidak hanya menggantikan pekerjaan, tetapi juga mengubah cara pekerjaan dilakukan. Pekerjaan di masa depan akan menuntut fleksibilitas, adaptabilitas, dan kreativitas dari pekerja. Pekerja di masa depan harus mampu belajar sepanjang hayat, menguasai berbagai keterampilan, dan berkolaborasi dengan tim yang beragam.

    Pekerjaan di masa depan juga akan lebih terhubung dengan dunia digital, sehingga pekerja harus memiliki keterampilan digital yang memadai. Pekerja di masa depan harus bisa menggunakan berbagai platform, aplikasi, dan perangkat digital untuk melakukan pekerjaan, berkomunikasi, dan berinteraksi dengan pelanggan.

    Pekerjaan di masa depan juga akan lebih fleksibel dalam hal waktu dan tempat. Pekerja di masa depan harus bisa bekerja secara remote, yaitu bekerja dari jarak jauh tanpa harus datang ke kantor. Pekerja di masa depan juga harus bisa bekerja secara fleksibel, yaitu bekerja sesuai dengan jam dan hari yang disepakati.

  3. Pekerjaan yang akan punah, menurun, atau menghilang
    Sebaliknya, pekerjaan yang akan punah, menurun, atau menghilang di masa depan adalah pekerjaan yang mudah untuk digantikan oleh teknologi, terutama oleh kecerdasan buatan dan robot. Pekerjaan yang bersifat rutin, manual, dan berulang adalah beberapa contohnya.

    Pekerjaan yang berisiko tinggi untuk punah, menurun, atau menghilang di masa depan adalah pekerjaan yang berhubungan dengan administrasi, akuntansi, perbankan, manufaktur, pertanian, dan transportasi. Pekerja yang berada di pekerjaan ini harus siap untuk beralih karir atau meningkatkan keterampilan mereka agar tetap relevan di dunia kerja.

  4. Cara mempersiapkan diri untuk pekerjaan di masa depan
    Mengingat tantangan dan perubahan yang akan terjadi di masa depan pekerjaan, kita harus mempersiapkan diri dengan baik agar bisa menghadapinya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mempersiapkan diri untuk pekerjaan di masa depan:

    • Mengetahui diri sendiri, yaitu mengetahui kekuatan, kelemahan, minat, dan tujuan karier kita. Hal ini akan membantu kita menentukan pekerjaan yang sesuai dengan diri kita dan mengembangkan potensi kita.
    • Meneliti perkembangan pasar kerja dan industri, yaitu mengetahui pekerjaan apa saja yang dibutuhkan, diminati, dan berkembang di masa depan. Hal ini akan membantu kita menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan tuntutan pasar kerja.
    • Menentukan tujuan karier jangka panjang, yaitu menentukan visi, misi, dan strategi karier kita. Hal ini akan membantu kita merencanakan langkah-langkah yang perlu kita ambil untuk mencapai tujuan karier kita.
    • Membuat daftar pilihan karier, yaitu membuat daftar pekerjaan yang sesuai dengan diri, tujuan, dan kondisi kita. Hal ini akan membantu kita memilih pekerjaan yang tepat dan menghindari pekerjaan yang salah.
    • Meningkatkan keterampilan dan pengetahuan, yaitu belajar dan menguasai keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk pekerjaan di masa depan. Hal ini akan membantu kita meningkatkan kompetensi dan kualifikasi kita.
    • Membangun jaringan profesional, yaitu menjalin hubungan baik dengan orang-orang yang berhubungan dengan karier kita, seperti rekan kerja, atasan, pelanggan, dan mitra. Hal ini akan membantu kita mendapatkan informasi, dukungan, dan peluang karier.

Kesimpulan

Masa depan pekerjaan adalah masa depan yang penuh dengan perubahan dan ketidakpastian. Teknologi adalah faktor utama yang mempengaruhi perubahan dan ketidakpastian ini. Pekerja di masa depan harus siap menghadapi tantangan dan peluang yang ditimbulkan oleh teknologi.

Untuk itu, kita harus mempersiapkan diri dengan baik agar bisa bersaing dan bertahan di dunia kerja yang semakin kompetitif dan dinamis. Kita harus mengetahui diri sendiri, meneliti perkembangan pasar kerja dan industri, menentukan tujuan karier jangka panjang, membuat daftar pilihan karier, meningkatkan keterampilan dan pengetahuan, dan membangun jaringan profesional.

Dengan demikian, kita bisa menciptakan masa depan pekerjaan yang cerah dan sejahtera bagi diri kita sendiri dan orang-orang di sekitar kita.